Tuesday, June 16, 2009

Tips Memilih Air Kemasan


Air kemasan menjadi pilihan bagi masyarakat, karena selain lebih praktis, juga lebih layak dikonsumsi daripada air sumur. Akan tetapi kita tetap harus berhati-hati dalam memilih air kemasan, apalagi akhir-akhir ini kita sering mendengar bertita tentang air kemasan yang tidak higienis dan cara pengemasannya pun tidak sehat, dan ada juga air kemasan palsu.

Berikut beberapa tips memilih air kemasan :

  1. perhatikan segel botol/gallon air kemasan

jangan membeli air kemasan apabila segelnya rusak, karena kemungkinan air kemasan itu tidak lagi higienis, atau air kemasan itu dipalsukan. Galonnya memakai gallon merek air kemasan terkenal tapi air nya, air biasa.

  1. Pilihlah botol/gallon yang masih baru dan bersih.

Perhatikan botol/gallon saat membeli air kemasan, jangan memilih botol/gallon yang kelihatan sudah lama dan rusak, karena bisa merusak kwalitas air minum di dalamnya, mungkin sudah kadaluwarsa.

  1. Lihat tanggal kadaluwarsa

Ingatlah selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa, walaupun hanya sebotol air. karena air yang terlalu lama tersimpan di dalam botol akan membuat air tidak lagi steril, karena bisa terjadi pertumbuhan kuman atau bakteri di dalamnya walaupun botol dalam keadaan tertutup.

4. Perhatikan izin dari DepKes

Lebih baik jangan membeli air kemasan jika tidak mencantumkan izin dari depkes. Ini sangat penting bukan hanya dalam membeli makanan, obat-obatan tapi juga air minum.

  1. Masak air jika anda masih ragu.

Jika anda masih ragu dengan kwalitas air minum kemasan, sebaiknya anda merebus air sampai mendidih., karena tidak semua depot air minum isi ulang memiliki kwalitas air yang benar-benar sehat.

No comments:

Post a Comment