Monday, June 15, 2009

Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia


Ciri-ciri air sehat adalah :
  1. Air sehat secara fisik adalah air yang jernih, tidak berbau dan tidak berasa.
  2. Secara kimia air sehat memiliki kadar pH yang netratl, dan kandungan mineral-mineralnnya terbatas.
  3. Secara mikrobiologi air sehat tidak mengandung E coli dan Salmonela


Sekitar 60%-70% komposisi tubuh manusia adalah air atau cairan, karena itu air memegang peranan yang sangat penting dalam proses metabolisme. Tubuh kita memerlukan pasokan air yang cukup untuk proses metabolisme, karena kalau tubuh sampai kekurangan air proses metabolisme bisa terganggu dan bisa dehidrasi pada tingkat yang berat dehidrasi bisa menyebabkan kematian.

Setiap hari tubuh kita memerlukan 2lt air yang merupakan jumlah total cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Jangan menunggu bibir kering untuk mengetahui kita kekurangan cairan dalam tubuh, karena itu merupakan manifestasi dehidrasi yang buruk. Merasa Haus merupakan ciri bahwa tubuh kita kekurangan cairan. Tanda awal haus diantaranya : merasa lelah tanpa alasana, wajah terasa terbakar dan memerah, merasa gelisah, tersinggung tanpa alasan, merasa depresi, kepala terasa berat, gangguan tidur. bila anda mengalami hal-hal diatas segeralah minum air,

Sebelum tanda-tanda kekurangan air nampak secara fisik, banyak fungsi metabolik tubuh yang menurun, mulai hilang dan akhirnya rusak. Hal ini bisa menyebabkan mempercepat penuaan dini, timbulnya berbagai macam penyakit bahkan kematian.

Air yang diperlukan tubuh adalah air murni, karena air sifatnya mampu melewati batasan-batasan seluler. Air murni pun tidak tercemar oleh zat lain yang membawa pengaruh bagi tubuh manusia, seperti gula, kafein, pewarna, pemanis, dan lain-lain. karena itu hentikan kebiasaan menggantikan air murni dengan soft drink, kopi, teh, dan cairan atau minuman lainnya.

1 comment:

  1. Air merupakan zat cair yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.. thanks infonya

    ReplyDelete