Wednesday, June 17, 2009

Plastik Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh


Plastik sangat praktis digunakan, sebagai pembungkus makanan, namun palstik adalah bahan-bahan yang terbuat dari zat kimia yang bernama monomer dan plasticizer, yang jika salah digunakan sangat berbahaya bagi kesehatan.

semua permukaan benda yang bersinggungan atau kontak dengan makanan dapat menimbulkan masalah kesehatan

bila ada kontak antara plastik dengan makanan yang dikemas, dapat terjadi perpindahan bahan-bahan kimia ke dalam makanan.Apabila zat-zat kimia tadi masuk ke dalam sistem tubuh manusia, maka dapat memicu beberapa penyakit, seperti kanker.

Tidak semua plastik menimbulkan bahaya, ada juga jenis-jenis plastik yang relatif aman, seperti yang terbuat dari polyethylene terepthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), low density polyethylene (LDPE), dan polypropylene (PP).

Salah satu plastik yang berbahaya adalah plastik bekas botol minuman seperti aqua.

Mungkin sebagian dari kita mempunyai kebiasaan memakai dan memakai ulang botol plastik ( aqua, vit dll dan menaruhnya di mobil atau dikantor. Kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastic botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber-ulang2, jangan memakai botol plastik.


1 comment:

  1. bene banget tuh gan memang sangat berbahaya auntuk kesehatan tubuh kita gan,,,

    ReplyDelete